Translate

Makna Dan Arti Baptisan

Baptisan merupakan salah satu sakramen yang diakui dan dilaksanakan oleh gereja sampai saat ini. Baptisan ini dilaksanakan karena perintah langsung dari Yesus kepada para murid - Matius 28:19. Baptisan memiliki makna tersendiri bagi gereja Tuhan, baik secara kolektif maupun secara pribadi. Ini disebabkan baptisan merupakan deklarasi iman kepada dunia dan juga kepada Iblis bahwa kita adalah milik dari Kristus.

Dan baptisan menunjuk kepada tanda milik yang dimeteraikan dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus. Apakah sesungguhnya makna baptisan bagi gereja secara kolektif dan bagi pribadi orang Kristen? Berikut beberapa makna baptisan yang bisa dikemukakan dalam tulisan ini.

1. Menjadi lambang kematian dan kebangkitan Yesus Makna baptisan di sini menunjuk kepada suatu pengakuan atau proklamasi bahwa Yesus telah mati, dikuburkan dan bangkit untuk memberi kita keselamatan. Ketika kita dibaptis di dalam air, itu merupakan lambang dari kematian dan penguburan Yesus.

Ketika kita ke luar dari air, hal itu melambangkan bahwa kita bangkit bersama Yesus dalam suatu kehidupan yang baru. Dan ini menjadi suatu kesaksian bahwa kita adalah miliki sepenuhnya dari Yesus Kristus.


2. Menjadi bukti ketaatan kita kepada Yesus Kristus Pada prinsipnya baptisan tidak menyelamatkan kita. Baptisan menjadi bukti bahwa kita telah menjadi milik Yesus Kristus. Sebagai milik dari Yesus Kristus, maka kita harus taat kepada apa yang telah dikatakan oleh Yesus bagi kita.

Kita menyerahkan seluruh hidup kita kepada Allah.Kita hidup bukan lagi mengikuti keinginan kita tetapi kehendak Allahlah yang harus kita ikuti. Selama kita hidup di dunia ini, kita akan mengalami berbagai pergumulan hidup. Untuk menang terhadap pergumulan hidup, kita harus sungguh-sungguh beriman kepada Yesus, dan berharap serta bersandar hanya kepada Dia.

Kita minta supaya Roh Kudus membimbing dan menguatkan kita dalam setiap aspek kehidupan kita. Dalam penyerahan ini memiliki arti bahwa secara total hidup kita bergantung kepada Kristus. Di sinilah makna baptisan itu menjadi penting bagi kita.

3. Menjadi bukti bahwa kita adalah saksi Kristus Makna baptisan ialah kita ini adalah saksi Kristus di bumi ini. Kita menjadi mitra kerja Yesus dalam proyek keselamatan bagi manusia berdosa. Inilah tanggung jawab kita sebagai milik Yesus Kristus. Kita harus menghasilkan buah-buah roh dalam hidup kita setelah kita dibaptis - Galatia 5:22-23.

Ada perubahan hidup yang terjadi, sehingga hal itu memberi contoh atau teladan yang positif bagi sesama. Paulus katakan bahwa, "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru, yang lama sudah berlalu sesungguhnya yang baru sudah datang" - 2 Korintus 5:17.

Dengan demikian, baptisan memiliki makna yang sangat penting bagi gereja pada umumnya dan secara khusus bagi setiap pribadi yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya. Biarlah hidup kita menjadi garam dan terang dunia - Matius 5:13-16.