Translate

3 ALASAN YESUS KRISTUS DISEBUT ANAK MANUSIA

Salah satu dokmatika Kristen ialah tentang Yesus Kristus adalah Anak Manusia. Tanda mesianik yang terpenting bagi Yesus Kristus ialah penyebutan diri-Nya dengan sebutan Anak Manusia. Penyebutan Yesus Kristus sebagai Anak Manusia memiliki posisi dandasar teologis yang kuat dalam doktrin gereja. 

Istilah Anak Manusia ini begitu strategis, sentral dan juga penting baik Yesus sendiri maupun bagi gereja sebagai umat ketebusan-Nya. Ada tiga fakta penting terkait pemakaian istilah Anak Manusia bagi Yesus Kristus. Hal itu juga penting bagi dogmatika Kristen.Ketiga fakta dimaksud, yaitu: 

1. Yesus Kristus sangat menyukai penyebutan diri-Nya sebagai Anak Manusia. 
Istilah Anak Manusia ini lebih sering dipakai oleh Yesus Kristus bagi diri-Nya selama pelayanan mesianik-Nya di dunia ini. Penyebutan Anak Manusia yang ditulis dalam keempat Injil sebanyak 65 kali. Ini mengindikasikan bahwa memang begitu pentingnya penyebutan Anak Manusia yang dikenakan kepada Yesus Kristus. Juga dalam kaitannya dengan dogmatika gereja. 

2. Yesus Kristus disebut sebagai Anak Manusia adalah Istilah yang sangat khas. 
Dikatakan istilah yang khas, karena faktanya istilah itu tidak pernah dikenakan kepada tokoh manapun di dalam Alkitab. Istilah Anak Manusia murni hanya diperuntukan kepada diri Yesus Kristus saja. Dan hal ini sangat menarik bila ditelusuri di dalam dogmatika Kristen. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa istilah Anak Manusia adalah hak istimewa yang ada pada Yesus Kristus sendiri. Tidak ada pada diri siapa pun juga, sekalipun ia adalah tokoh agama yang penting. 

3. Yesus Kristus disebut sebagai Anak Manusia merupakan Istilah yang unik. 
Secara historis menurut catatan Alkitab bahwa gereja mula-mula berkaitan dengan penyebutan istilah Anak Manusia yang dikenakan kepada Yesus Kristus tidak dipakai, kecuali satu kali dalam visi Stefanus - KPR 7:56. Dengan demikian, istilah Anak Manusia yang dilekatkan pada diri Yesus Kristus adalah unik. Dikatakan demikian, karena itulah cara untuk menjelaskan secara terbuka tentang siapa sebenarnya dir-Nya. Menurut G. Dalman, kata Anak Manusia merupakan istilah yang tidak dipakai secara umum, telah diterima sebagai satu sebutan mesianis secara luas. Istilah Anak Manusia yang dipakai oleh Yesus Kristus memiliki maksud tersendiri.

Post a Comment for "3 ALASAN YESUS KRISTUS DISEBUT ANAK MANUSIA"