Translate

2 UNSUR MISTIS KRISTUS

Persekutuan dengan Yesus Kristus sesungguhnya memiliki unsur kebenaran yang sangat penting. Kebenaran yang penting ini berhubungan dengan penerapan penebusan Kristus oleh Roh Kudus. Penerapan penebusan oleh Roh Kudus di dalam hidup orang percaya inilah yang memungkinkan terjadinya ikatan yang teguh dengan mistis Kristus.

Tanpa ikatan tersebut, tidak akan terjadi misti dengan Kristus. Oleh karena itu, sebagai orang percaya, kita harus tahu secara pasti unsur-unsur mistis dengan Kristus. Pada bagian ini ada unsur penting yang perly diketahui oleh setiap orang percaya berkaitan dengan mistis Kristus. Dua unsur kebenaran mistis dengan Kristus ini, yaitu:

1. Mistis Kristus adalah mistis yang menyatukan
Mistis Kristus yang menyatukan ini menunjuk kepada persekutuan yang mempersatukan setiap orang percaya secara vital dan organik dari Allah dengan umat-Nya. Kebenaran ini memastikan bahwa persekutuan ini adalah Teosentris - Kristosentris, di mana olehnya umat Allah adalah organ fungsional yang menandakan keagungan persekutuan rohani yang mulia.

Persekutuan Teosentris - Kristosentris, artinya orang percaya secara total hidupnya berpusat pada Allah dan Kristus. Di sini, Allah dan Kristus menjadi segala-galanya bagi setiap orang percaya. Orang percaya manunggal dengan Allah di dalam Kristus melalui mistis yang dibangun setiap hari - 2 Korintus 13:5; Galatia 2:20; Efesus 3:17-18; 1:22-23; 4:15-16; 5:29-30; Galatia 4:9, 19-20; Roma 8:10; Yohanes 15:5; 1 Korintus 6:15.

2. Mistis Kristus terjadi di dalam Roh Kudus
Persekutuan dengan Kristus terjadi di dalam Roh Kudus yang bersifat resiprokal dan dinamis antara Allah dan umat-Nya. Di sini, Allah mempersekutukan diri-Nya dengan umat-Nya dan umat-Nya dengan diri-Nya dalam kaitan mistis yang agung. Persekutuan dengan Kristus ini mengandaikan keaktifan umat-Nya sebagai bahagian dari pembuktian dinamis dari persekutuan mistis yang dirahmati Allah kepadanya yang adalah bagian organis dari Kristus untuk dihidupi dan dilakoni dalam perjalanan iman.

Roh Kudus berperan penting di dalam mistis antara Kristus dan umat tebusan-Nya. Roh Kuduslah yang memeteraikan penyatuan di dalam mistis tersebut, sehingga tidak akan ada yang dapat memutuskan hubungan mistis Kristus dengan umat-Nya. Meterai Roh Kudus ini merupakan bukti otentik bagi setiap orang percaya bahwa ia memiliki hak istimewa di dalam Kristus untuk bersekutu kapan pun dan di manapun. Dalam konteks ini, setiap orang percaya harus menyadari sungguh bahwa ia adalah milik Kristus yang dimeteraikan oleh Roh Kudus sebagai tanda kepemilikkan yang tidak akan terpisahkan sekali untuk selamanya.

Post a Comment for "2 UNSUR MISTIS KRISTUS"