Translate

Dasar Persekutuan Mistis Kristus

Dasar persekutuan mistis Kristus ~ Teologi Alkitab tentang persekutuan mistis Kristus dan orang percaya dan orang percaya dengan Yesus Kristus adalah persekutuan berkat. 

Teologi Alkitab tentang persekutuan berkat ini menunjuk kepada dua aspek penting, yaitu: pertama, persekutuan rohani dengan segala berkat rohani yang tersedia di dalam sorga dapat dinikmati oleh setiap orang percaya dengan limpah; kedua, persekutuan rohani juga diikuti oleh penikmatan berkat materi yang disediakan oleh Allah dari semula bagi umat pilihan yang diselamatkan-Nya melalui pengorbanan Yesus di atas kayu salib. 

Teologi Alkitab tentang persekutuan atau persatuan dengan Kristus ini memiliki dasar-dasar yang kuat dan dijamin oleh Allah sendiri. Dasar-dasar persekutuan mistis dengan Kristus ini menutur teologi Alkitab adalah sebagai berikut:

1. Mistis dengan Kristus merupakan rahmat Allah
Teologi Alkitab tentang persekutuan dengan Kristus merupakan rahmat Allah yang Esa, di mana Ia dalam keselamatan yang dikaruniakan-Nya membebaskan orang berdosa menjadi milik-Nya untuk memasuki persekutuan rahasia yang mulia dengan diri-Nya sebagai Kepala dalam karya penebusan-Nya. Dalam teologi Alkitab ini, orang percaya adalah pemberian anugerah Allah kepada Kristus, yang oleh-Nya persekutuan dengan-Nya adalah suatu keagungan rahasia Allah - Yohanes 6:37, 44.


2. Mistis dengan Kristus ditetapkan oleh Allah
Teologi Alkitab berkaitan dengan persekutuan dengan Kristus telah ditetapkan oleh Allah dalam rancangan penebusan-Nya melalui "redemption pact", sehingga hal ini adalah bahagian utuh dari anugerah keselamatan-Nya - Ibrani 2:13.

Teologi Alkitab tentang penetapan Allah mengenai mistis atau persatuan dengan Kristus ini menunjuk kepada ketangguhan dan keteguhan ketetapan-Nya yang menjamin keselamatan orang percaya sepenuhnya untuk memperoleh bahagian kekal dalam persekutuan dengan Kristus Tuhan-Nya - Yohanes 10:28-29.

3. Mistis dengan Kristus adalah karya Roh Kudus
Teologi Alkitab tetang persekutuan dengan Kristus menunjuk juga kepada penyembahan kita terhadap Allah dalam karya Roh Kudus berdasarkan penebusan sempurna yang dikerjakan oleh Yesus di atas kayu salib. Persekutuan ini adalah mistis rohani yang sifatnya teguh dan tidak tergoyahkan serta intim yang disediakan oleh Allah bagi kita umat kepunyaan-Nya.