Translate

Dampak Iman Kristen

Dampak iman kristen ~ Dalam kaitan dengan penjelasan tentang iman, dapatlah dikatakan bahwa ada dampak iman Kristen di dalam kehidupan setiap orang percaya. Dampak iman Kristen ini mengacu kepada definisi iman yaitu, "Iman adalah percaya yang sungguh akan Allah melalui Yesus Kristus dengan sikap bergantung sepenuhnya kepada janji-janji-Nya, yang merupakan jalan dan bukti penikmatan subjektif akan seluruh berkat anugerah penebusan yang telah disediakan-Nya berlandaskan rencana shalom-Nya yang kekal". Dari pengertian tersebut, dapat dilihat dampak-dampak dari iman yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Bukti penerimaan dan peneguhan penebusan dari Allah.

Di sini, iman menunjuk kepada adanya bukti penerimaan dan peneguhan penebusan dari Allah di dalam Yesus Kristus bagi orang percaya - Roma 5:1 - yang dialami secara subjektif dengan penghayatan batiniah yang dalam. Kebenaran ini terbukti secara subjektif dalam pengalaman orang percaya yang bertindak demi iman dengan secara pribadi menyambut Yesus Kristus menjadi Juruselamat - Wahyu 3:20; Yohanes 1:12. Bukti penerimaan ini semakin pasti karena adanya peneguhan oleh kesaksian Roh Kudus dalam batin - Roma 8:15-17; 1 Yohanes 5:10-13.

2. Langkah peneguhan janji berkat.

D sini, iman merupakan langkah peneguhan janji berkat shalom Allah untuk menerima seluruh perjanjian Berkat Keselamatan-Nya yang telah disediakan-Nya secara berlimpah bagi orang percaya.


3. Jalan pasti mengalami pembenaran Allah.

Di sini, iman adalah jalan pasti mengalami pembenaran Allah, sebagai antitesa atas penguasaan dosa yang total dengan menerima pengampunan dan penghapusan dosa-dosa yang telah diakui melalui pertobatan serta perpalingan kepada-Nya - Filipi 3:9. Jalan pasti ini diterima dengan adanya sukacita yang khusus atas pengampunan berlimpah daripada-Nya yang membawa sejahtera abadi - Kisah Para Rasul 10:43.

4. Peluang anugerah menerima kekayaan rohani oleh Roh Kudus.

Di sini, iman adalah bahagian dari peluang anugerah menerima seluruh kekayaan rohani yang berlimpah oleh Roh Kudus, dan peneguhan hidup berkemenangan di dalam Yesus Kristus, pada masa kini dan selamanya - Roma 8:26, 28, 31-37.

Berdasarkan semua uraian tentang pengertian iman, makna iman Kristen dan dampak iman Kristen, dapatlah dikatakan bahwa dari sisi Allah, iman adalah pemberian anugerah yang oleh ketetapan dan panggilan-Nya, Ia membebaskan orang berdosa berdasarkan karya Yesus Kristus yang diterapkan oleh Roh Kudus melalui regenerasi, pertobatan dan perpalingan kepada-Nya untuk menikmati seluruh perjanjian berkat penebusan-Nya. Dari sisi manusia yang telah ditebus-Nya, "Iman adalah alat anugerah untuk mempercayai Allah dengan sungguh-sungguh, guna menikmati (secara subjektif) seluruh karya penebusan-Nya serta semua janji-janji berkat shalim-Nya yang telah disediakan-Nya dari kekal, kini, di sini dan selamanya.