Translate

Pengertian Iman

Pengertian iman ~ Pengertian iman atau faith (kata benda) dan belive (kata kerja) dijelaskan dalam Perjanjian Lama dengan menggunakan kata Ibrani he'emin (bentuk hiphil dari aman), yang berarti percaya. Kata ini dapat berarti merawat, memberi makan (qal); menjadi teguh, mapan, setia (niphal); atau pun dianggap mapan, benar atau percaya (niphil). Kata lain yang dipakai dalam Perjanjian Lama untuk menerangkan tentang iman ialah kata benda emunah yang berarti kesetiaan - Habakuk 2:4; Ulangan 32:4; Mazmur 36:5; 37:3; 40:11.

Pengertian iman dalam Perjanjian Baru menggunakan istilah Yunani pistis (kata benda) dari kata pisteuin (kata kerja) yang berarti suatu kepastian berdasarkan kepercayaan dan pengakuan seorang individu atau rasa percaya yang atasnya seseorang itu bersandar. Pengertian iman seperti ini mengandung presuposisi yang menghubungkan orang yang percaya dengan apa yang dipercayainya. Pengertian iman ini juga dapat berarti percaya atau mempercayai atau ketaatan ataupun kesetiaan - Roma 3:3; Galatia 5:22; Titus 2:10; Filipi 1:27; 2 Korintus 4:13; 2 Tesalonika 2:13; Roma 3:22,25; 5:1-2; 9:30, 32; Galatian 2:16; Efesus 2:8; 3:2. Dalam penggunaanya, pengertian iman seperti yang telah dijelaskan di atas, dapat bersifat aktif maupun pasif.



Tatkala J.I. Packer mengulas tentang pengertian iman ini, ia mengatakan, "Iman (kata benda) yang berhubungan dengan percaya (kata kerja) yang dijelaskan dengan kata Ibrani he'emin, yaitu bentuk phipil dari kata aman, dan kata Yunani pisteuo yang digunakan dalam Septuaginta, maupun Perjanjian Baru. Kata pisteuo adalah suatu istilah kunci dalam Perjanjian Baru yang biasanya dipakai untuk menjelaskan banyak aspek hubungan keagamaan. Hubungan ini dijelaskan sebagai merupakan bahagian dari panggilan Injil atas laki-laki dan perempuan, yang olehnya mereka mempercayai Allah di dalam Kristus.